Petugas Toilet Yang Mengesankan

Saya terkesan sekali pada seorang petugas kebersihan perempuan di sebuah toilet umum sederhana di basement Mall Mangg* Dua.

Tadinya saya enggan untuk masuk, membayangkan lantainya pasti basah dan bau tak sedap pasti menyeruak. Memahami keraguan saya, petugas yang mungil itu menyapa saya,
“Bu, sebentar saya keringkan dulu lantainya ya.”
Lalu dengan sigap ia membersihkan toilet itu, menyiramkan beberapa cup karbol yang harum, dan mengeringkan lantai.

Ia masih muda, wajahnya ramah. Senyumnya tulus tidak dipaksakan. Dan saya perhatikan, tidak hanya kepada saya ia berlaku demikian. Sungguh pemandangan yang sangat langka mengingat mall itu adalah mall tua, bukan mall mewah dan pengunjungnya begitu ramai.

Dia terlihat iklas melakukannya. Wow! Meski saya paham, ia tentu mendambakan pekerjaan yang lebih layak dengan penghasilan bagus dibandingkan hanya menjadi tukang bersih-bersih toilet yang jarang mendapat simpati pengunjung.

Saya berinisiatif memberinya tips yang tidak seberapa. Kagetnya ketika ia berkali-kali mengucapkan terima kasih dengan mata berbinar, seolah jarang sekali mendapatkannya. Ah tips yang tidak seberapa buat kalian.. sekali beli teh botol habis sudah.. tapi untuk pekerja kecil seperti dia.. ?

Terima kasih mbak, maaf saya lupa menanyakan namamu tadi. Meski hanya beberapa menit saja saya melihatmu, saya berterimakasih kamu telah menggerakkan hati saya untuk mengapresiasi pekerja-pekerja kecil sepertimu.

Setelah ini, saya ingin lebih memperhatikan mereka dimanapun. Menyapa, memberi tips kecil, mengucapkan terima kasih adalah sebuah bentuk bahwa saya perduli kalian ada.

Yuk.. jangan hanya cuci tangan, menggunakan bilik kecil dan berlalu. Sapalah, ucapkan terima kasih dan nikmati senyum mereka.

 
Ric Erica
Jakarta, 13 Maret 2014 : 18.00

Written by

Just a middle 30s ordinary woman who is easy smile-easy laugh, a writer, a wife, a mother, of a teenager boy, a family woman, a free-unthinkable mind who loves reading-dreaming-writing, laughing all day, multitasking one, sport-addicted, adventurous traveler, independent, a friendly best friend for those people who loves the same passion and humor, loves cooking, a great partner for movie date for her best friends, sometimes doing her consultant works, a lady who loves seeing things at her funny sight.

No Comments Yet.

Leave a Reply

Message

Current day month ye@r *

x

Click dan Download App Android ERICA MASCALOVA dari Google Play Store