Seolah Tak Ada Artinya

Mestinya hari ini saya memasang bendera 1/2 tiang. Tanda berduka cita atas matinya Demokrasi Indonesia.

Ada sesak yang tidak akan bisa tuntas saya ceritakan.
Mengingat hari-hari dimana hanya ada rasa takut yang mencekam pada medio Mei 1998. Semua kenangan kini bergerak seperti film tua hitam dan putih yang bermain di benak saya.

Di sebuah kamar kecil 3x 4meter seperti paviliun berdiri di atas kompleks terbuka di Kemanggisan, milik juragan tanah Betawi, 7 meter saja jauhnya dari pintu gerbang, saya bersembunyi beberapa hari. Sebagian teman yang beruntung telah diungsikan keluarganya satu malam sebelum kerusuhan terjadi.

Menahan lapar hanya dengan makan biskuit dan teh manis hangat karena takut keluar kamar. Tidak berani menyalakan lampu, radio atau TV agar suara / cahayanya tidak memancing perhatian orang. Saya hanya berbaring, membaca. Menghitung detik, menit, jam berharap pemilik datang dan berkata, “Kalian aman. Tenang sajalah.”
Namun, ia tak pernah datang. Sibuk dengan hartanya mungkin saja.

Setiap bunyi tembakan/bunyi teriakan/bunyi derap kaki orang berlari, seperti mimpi buruk yang tidak bisa dihentikan hanya dengan terbangun. Pernah terbersit pertanyaan, “Mengapa saya harus berkulit terang, Tuhan?”

Sebuah ketukan meski lembut di pintu, terdengar seperti bom waktu yang siap memporak porandakan seisi kamar dan mengambil kebebasan saya.

Berjalan kaki puluhan kilometer dari Wisma 77, pada tanggal 12 Mei pagi, karena tidak ada satupun kendaraan umum yang terlihat di jalan. Akhirnya bergabung dengan belasan pejalan kaki yang bernasib sama, sambil terus bergumam sepanjang jalan “Tuhan, jagalah saya, seburuk apapun keadaan di depan sana.”

Tuhan menjaga saya melalui tangan teman-teman dan para penjaga. IA menepati janjiNYA. Hingga hari ini.

Jika seorang manusia seperti saya, yang tak lebih sebutir debu di mataMu, Engkau pelihara Tuhan.. akankah Indonesia tetap KAU jaga?

Ric Erica
Jakarta, 26 September 2014 : 14.58
Dan semua itu kini seolah tak ada artinya.

No Comments Yet.

Leave a Reply

Message

Current day month ye@r *

x

Click dan Download App Android ERICA MASCALOVA dari Google Play Store