Mr. and Mrs. Broadcast

 

Sudah 2 hari ini si Mr. Broadcast gak mem- broadcast pesan. Ada apa nih? Apa sakit? Apa BBnya rusak? Apa BBnya disita istri? Apa jempolnya bengkak? Apa gak punya pulsa? Apa BBnya terblokir? * ini kalau temenku Dharma baca, langsung cepat-cepat dia bilang “Apa sih Ric? Galau amat? Di bc resah, gak di bc galau. Ada apa nih? *

Sebentar… Sebentar..  Rasanya wajar kalau kali ini aku menggalaukan dia. Mr. Broadcast ku ini, sudah sejak pertama kali menghuni BB (3 tahun yang lalu) friendlist ku gak pernah absen membroadcast beraneka pesan. 7 hari seminggu, 24 jam sehari.. Kalau dia lagi sehat, normal dan tidak terlalu sibuk, setidaknya 1 jam sekali aku menerima broadcast nya, dan berhenti kalau BBnya lowbat, lagi nyetir atau lagi meeting. Tapi kalau dia sibuk berat, paling sehari aku menerima 5 – 7 pesan broadcast saja. Jadi, kalau dua hari ini dia berhenti membroadcast, wah yah aku jadi kehilangan donkk..

Buset!!! Satu jam satu broadcast, rajin amat. Apa aja sih yang di broadcast?  Hmmm ini menarik. Sebentar aku buka catatan kecilku dulu ya.. Special banget kan sampai punya catatan khusus? Ya iyalah.. Karena Mr. Broadcast dan Mrs. Broadcast ku ini sudah lama menjadi bahan observasi dan memang aku sudah niat sekali untuk menulis artikel “Mr and Mrs. Broadcast” ini.. Selain aktifitas mereka yang cukup menarik untuk dituliskan, ternyata Mr and Mrs. Broadcast ini gak hanya menghuni BB friendlist ku saja. Hanya saja, kalau teman-teman yang lain mengeluhkan mereka, kebalikan dengan aku. Aku kok ya seneng.. Secara, bertambah banyaklah bahan yang bisa kuolah menjadi sebuah tulisan yang menarik. Gak percaya? Ikuti goresan cfentilku ya…

Biasanya pagi-pagi, Mr Broadcast ku akan berkicau mengucapkan Selamat Pagi, Semoga hari mu indah, bla bla bla bla bla… Agak siangan dikit, ketika breakfast time tiba, dia akan berkicau lagi memberi bocoran tentang breakfastnya dan sedikit pesan selamat beraktifitas bla bla bla. Begitu dia sudah jalan ke kantor, broadcast nya berubah sedikit menjadi laporan singkat situasi ibukota yang ia kutip dari twitterland nya TMC. Jadi, meskipun aku hanya tinggal di rumah, segala informasi jalan raya aku tau tuh. Dari truk yang terbalik, ruko yang terbakar, penyempitan jalan, jalan-jalan yang macet  hingga berita tawuran mahasiswa  masuk dalam BBku.

Kalau lagi beruntung, aku bisa mendapat informasi jadwal penerbangan sebuah maskapai. Baik dalam dan luar kota. Lengkap berikut jam-jam nya! Pernah juga mendapat informasi harga mobil Hond* dari tipe yang paling murah hingga yang termahal. Lalu, jadwal pemutaran film di bioskop XX* dan kadang-kadang acara TV menarik pada hari itu. Dasyattt! Mudah-mudahan sekali-kali aku bisa dapat broadcast an nomor telfon plus pin BB Oprah Winfrey, Jason Statham dan  Liam Neeson. Ditunggu ya mister …

Kalau lagi musim bola, jadwal tayang siaran bola masuk dalam Daily Menu.  Lagi musim Pilkada, menunya broadcast seputaran jadwal kampanye, artikel-artikel tentang calon tertentu, dan sebagainya. Lagi musim banjir, ya broadcast lengkap seputaran banjir ibukota, informasi perahu karet, dan posko-posko bantuan, tak ketinggalan broadcast ngomel-ngomel kalau rupanya ada yang protes saking seringnya dia bc ke teman-teman kami, yang isinya kurang lebih begini :

“Punya blackberry itu berarti siap untuk menerima broadcast. Kalau gak mau batterainya cepat habis, ya di matikan saja! Kalau gak mau terima broadcast ya gak usah punya Blackberry! Hidup aja di hutan.. Bla bla  la ………”  

 yang bikin aku geli setengah mati. Disusul dengan update an temen-temen di status “Hobby kok broadcast..”,”Broadcastttt mulu..!”  Hayoooo, siapa yang bikin dia marah  kemarin, ngakuuuu…

Ya Mr Broadcast ku yang imut, dan good looking  itu memang menggemaskan. Kalau ada, kita  gusar, kalau gak ada kita terheran-heran kehilangan. Sering juga dalam beberapa menit, dia membroadcast satu berita dengan beberapa versi plus ralat bila bc nya hoax. Hi hi hi. Dia yang broadcast, dia yang meralat, dia juga yang ngomel-ngomel karena dikirimi bc hoax. Tuh kan.. Menggemaskan.. Rasanya cuma dia yang bisa begitu.. Kadang sekali-kali kubalas broadcast nya dengan ucapan terima kasih, atau gambar jempol, supaya dia gak merasa bicara dengan mesin. He he..

Ada Mr. Broadcast, tentu ada juga Mrs. Broadcast kan. Biar balance. Nah, Mrs. Broadcast ku juga gak kalah unik. Sedikit lebih ringan dari Mr Broadcast, tapi ya motif dan pola nya sama.. Biar berimbang, aku kutip juga ya aktifitas Mrs. Broadcast ku sehari-hari.

Pagi-pagi, biasanya aku akan mendapatkan renungan harian yang bertaburan kalimat-kalimat bijak tentang hidup. Uih, ademmm.. Kadang dia mengutip beberapa kalimat rohani untuk hidup sehari-hari. Kadang juga kalimat-kalimat motivasi. Selalu sama waktunya. Paling terlambat beberapa belas menit, mungkin telat bangun dia.. Quote favoritnya dia ya itu kalimat-kalimat romantisnya Mr. Mario Lebay itu.. Yang enak didengarkan, tapi gak pernah enak di terapkan itu..

Siang-siangnya kalau dia santai, aku bisa menerima broadcast tentang pesan berantai yang kalau diteruskan aku disumpahi banyak orang, tapi kalau gak diteruskan aku bisa sialllll seumur hidup.. Ffiufhh.. Broadcast kok nyumpahin. Itu yang bikin siapa sih? Sini kalau beraniiiiiiii… *Keselllll banget..*

Kuis aneh juga gak luput di broadcastnya. “Kirim kepada semua contactmu, bila balik 4 maka yang akan jadi pasangan hidupmu namanya berawalan huruf D.. Bla bla bla… Apa sih? Kalau sudah punya pasangan + TTM + Sephia / Sophian terus namanya gak cocok dengan hasil kuis, terus berarti harus nyari lagi gituuu??? Bikin kuis kok OOT amat.. Herannnnn..

Kadang joke-joke lucu (okelah, buat ketawa-ketawa sore, meskipun kadang joke nya udah berjamur… umur 2 tahun.. Tapi ya masih mendinglah daripada nerima broadcast pesan berantai dan kuis-kuis aneh itu kan?). Yang paling sering di broadcast adalah berita-berita kehilangan anak, suster jahat, pembantu brengsek, berita kriminal seperti berita kehilangan mobil, berita perampokan, berita butuh donor darah, pengobatan gratis,  butuh dana untuk seseorang yang sakit keras, dan lain-lain. Kalau Mr. Broadcast lebih memilih berita-berita umum, Mrs. Broadcast ku ini lebih nyaman membroadcast berita-berita kemanusiaan / sosial.

Tapi kadang-kadang yang membuat aku gak habis fikir adalah, Mrs. Broadcast ku ini suka juga membroadcast segala sesuatu yang sebenarnya gak ada hubungannya dengan aku. Contohnya, broadcast daftar nama-nama peserta tour ke suatu tempat, broadcast undangan arisan, broadcast list nama, tugas dan tanggung jawab panitia Natal, broadcast jadwal meeting RT dia tinggal. Duh .. Aku dimana, dia dimana.. Kenapa ya?

Urusan broadcast-membroadcast ini, kalau aku ceritakan pada temen-temen baikku, wuih, mereka juga  ikut sewot. Rupanya, mereka juga punya Mr. Broadcast and Mrs. Broadcast yang gak kalah aktifnya. Lucu-lucu lagi ceritanya..

Tapi urusan broadcast membroadcast ini susah juga ya untuk tidak dihiraukan. Kadang memang pesan itu penting sekali. Seperti himbauan untuk waspada ketika pintu kantulampa kemarin akan dibuka sehingga Jakarta harus siap menerima air kiriman dari Bogor itu,  juga info pemberitahuan posko-posko penampungan korban banjir, yang memang berasa banget manfaatnya kemarin. Karena dengan sekali broadcast saja, setidaknya 30 orang teman bisa mendapatkan informasinya. Pesan massal ini lebih cepat daripada kecepatan angin sekalipun. Sekali send, teman-teman di Singapore, Thailand, USA, Canada, menerimanya di saat yang sama.  Tapi bagaimana dengan ini?

Broadcast berita yang belum di cek  ke-akurat-an dan kebenaran nya, tapi sudah heboh beredar dimana-mana. Yang paling hangat ya berita libur massal di masa banjir kemarin.. Seharian bc berita itu kuterima berulang kali, padahal pihak stasiun TV yg terkait sudah bolak balik konfirmasi, tidak pernah mengumumkan perihal libur massal. Sebenarnya siapa yang bikin, mau libur sendiri kok ngajak orang rame-rame.. Siapa yang memforward pertama kali juga sudah gak jelas. Tapi akibatnya apa iya pernah terfikirkan semua?
Mengapa orang-orang mudah sekali memforward berita-berita semacam itu tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Saya fikir, mudah sekali ya untuk membuat satu negara heboh tentang segala sesuatu. The power of broadcast!

Broadcast tentang pemblokiran dari RIM, bila tidak meneruskan pesan berantai yang isinya sangat panjang ini :

Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami, bahwa server kami baru saja benar-benar penuh, jadi kami meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah ini. Kita perlu pengguna aktif kami untuk mengirim ulang pesan ini ke semua orang di daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan BlackBerry Messenger, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda  maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda. Simbol akan mengupdate otomatis dalam ? Anda, ketika Anda menyiarkan pesan ini. Blackberry Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam itu akan memiliki baru lay out dan. warna baru untuk chatting. Dear Blackberry pengguna, Kita akan melakukan update untuk BBM dari 11:00 sampai 05:00 ini ke hari. Anda jika Anda tidak mengirimkan ini ke semua kontak Anda memperbarui Anda akan dibatalkan dan Anda tidak akan diizinkan untuk chatting dengan kontak Anda sebagai Anda memiliki version.If pic lama tampilan Anda tidak akan berubah, itu karena ‘Blackberry ‘adalah memperbarui, silahkan kirim pesan ini ke semua kontak. Bukan broadcast sembarangan Ini serius!! Bisa di cek.

Katanya Smart User, makanya pake Smart Phone, tapi yang beginian masih aja beredar.. Boong yaaa.. Buktinya, sampai hari ini BB saya baik-baik saja meskipun pesan berantai itu langsung saya hapus begitu saya terima. Apa sih motif orang yang membuatnya? Hanya Iseng? Kepingin orang-orang heboh? Maaf saya harus bilang, yang membuat broadcast seperti ini agak “terganggu’ kewarasannya.

Broadcast simbol-simbol yang saya gak pernah ngerti maksudnya apa. Dengan memforward ke seluruh contact anda, maka simbol-simbol berikut akan aktif secara otomatis bla bla bla..  Hellooo…? Terima kasih Tuhan, kau berikan aku immune ‘anti alay’, sehingga bisa dipastikan, seluruh ketikanku gak akan penuh dengan simbol-simbol yang hanya merusak mata.. Masa penulis kok alay???

Broadcast tentang sebuah link plus cerita menarik, yang kalau dibuka, video yang ujung-ujungnya foto hantu, yang dikirimnya malam-malam pula, atau gambar kartun “Ketipu nih yeee..” yang menurut saya, dimana letak lucu dan asyiknya? Please deh, udah gede-gede tapi kok bercanda nya masih kampungan gitu? Kalau di protes malah ketawa seperti setan. Heran.. Maaf ya kalau ada pembaca yang tersinggung berat, ini annoying banget loh.. Jangan pernah berfikir semua orang tertawa dengan kiriman seperti ini..

Broadcast tentang kotbah-kotbah agama tertentu yang diteruskan secara membabi buta, sehingga tidak tepat bila diterima oleh teman-teman yang berbeda keyakinan. Memang waktu nge-broadcast gak pilih-pilih dulu gitu siapa recipient nya?

Dan masih banyak lagi broadcast-broadcast lain yang meski gratisan, namun cukup mengganggu. Lalu, banyak pertanyaan timbul. Kenapa sih hobby banget broadcast? Apa sih tujuannya? Beberapa orang beranggapan, iseng saja kali, kurang kerjaan, minta perhatian, ingin eksis dan sebagainya.. Lah kok tiap saat, tiap hari, konsisten lagi udah 3 tahun begitu.. Yah, itu karena dia orang yang berkepribadian teguh, tekun, gigih, rajin dan berfikiran positif  pastinya.. Maksudnya baik, supaya kalian semua terinformasikan dengan tepat, tidak kuper, dan  mengoptimalkan fungsi Blackberry sebagai alat komunikasi. Sayang kan canggih-canggih gitu hanya dipake buat gossipan dan narsis-narcis an.. Ya kannnn?

Sementara, sampai tulisan ini dibaca kalian, saya belum menemukan referensi yang menyebutkan bahwa prilaku yang hobby broadcast pesan tentang apapun melebihi standard normal, adalah salah satu penyimpangan kejiwaan. Maaf loh yaaa. Saya gak mencurigai mereka mengalami masalah dengan itu hahahha.. Ya kan kasihan juga ya, kalau tiba-tiba dia ke dokter lalu diagnosa nya adalah  salah satu penyimpangan dari Personality Disorder wekekekeke.. Nanti deh saya cari-cari  lagi referensi nya…

Ric Erica

Jakarta, 4 February 2013 : 10.30 AM

No Comments Yet.

Leave a Reply

Message

Current day month ye@r *

x

Click dan Download App Android ERICA MASCALOVA dari Google Play Store