This is How I spend My Christmas

Exodus1

Ada satu yang berbeda dengan Natal kali ini. Biasanya saya lebih fokus dengan jalan-jalan, kuliner dan liburan, kali ini tidak.

Sejak nonton Exodus: Gods and Kings, timbul banyak pertanyaan dalam benak. Kok beda dengan yang tercatat di bible? Mengapa laut tidak terbelah? Rasanya Moses lari ke Midian bukan diusir karena ketahuan keturunan non Mesir deh. Ihhhh.. kok anak kecil sombong itu sih yang dipakai jadi messenger? Kok tujuh bala diturunkan sekaligus, padahal yang saya tau, 7 bala itu diturunkan satu per satu setiap Firaun menolak / mengingkari membebaskan budak Israel. Lalu kisah yang sebenarnya seperti apa?

Saya sama sekali tidak kecewa, apalagi meneriakkan rasa marah karena film tersebut menyesatkan pandangan orang, menyimpang dari kisah sebenarnya di alkitab, juga tidak bereaksi berlebihan mengutuk, menggerutu seperti komentar-komentar netizen di media sosial.

Exodus2

Bagi saya, film Exodus adalah film fiksi hiburan akhir tahun yang keren. Hanya membayar rp 30.000,00 saja saya tinggal duduk tenang, menghabiskan pop corn caramel yang manis membelai lidah, menikmati suguhan spektakuler selama 2.5 jam, musiknya eksotik, menyimak dialog-dialog para pemerannya yang meski singkat-singkat tapi sarat makna. Menikmati akting Moses, Ramses, Joshua, Zippora, kelicikan gubernur Pharaos yang hidup bermewah mewah seperti raja, mengetahui betapa cintanya seorang firaun yang kejam, childish dan arogan kepada putra tunggalnya. Dan bagaimana tujuh bala digambarkan begitu nyata dan detailnya.
Sambil sesekali memeluk lengan putra tercinta.
Mau protes? Halooo.. susah amat hidup ya kalau apa-apa protes.
Selebihnya…?

Film Exodus mampu membuat saya kembali membaca alkitab. Mencari tau kebenaran.

Diawali dengan menyapu habis kitab Exodus (Keluaran) dilanjutkan dengan mencari kisah bagaimana asal usul bangsa Hebrew bisa diperbudak oleh Mesir di kitab Genesis (Kejadian).

Kali ini saya membaca alkitab seperti menyusun puzzle. Membaca kitab A, menemukan fakta B, mencari kitab C untuk menjawab keingintahuan saya tentang D dan seterusnya dan seterusnya.
Metode membaca yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya.

Nyatanya… metode ini sangat menarik. Betah saya membalik lembar demi lembar hingga berjam-jam.

Sengaja saya membaca versi bahasa Inggris yang ternyata lebih mudah dipahami, lebih singkat dan otomatis kosa kata bahasa Inggris saya jadi bertambah, karena jika saya kesulitan memahami sebuah kata, saya tinggal melongok contekan bahasa Indonesianya.

Dannnn.. tiba-tiba saya merasa Natal kali ini tak kalah menyenangkan dibanding natal-natal sebelumnya.
Hmmm.. Tuhan memang tak mudah ditebak bukan?

Tak perlu berlibur ke Jerusalem dan Mesir, melihat situs situs bersejarah keagamaan, untuk membuat saya menyelami keimanan saya padaNYA.

Sebuah film fiksi (ujung-ujungnya bisnis, semakin fenomenal semakin laris, emang produksi film mahal gak pake duittt????) mendompleng salah satu sejarah alkitab pun mampu membuat saya menyentuh kitab suci ini kembali.

This is how I spend my christmas..How about you?

Merry Christmas, anyone!

Ric Erica
25 Desember 2014 : 18.44

Written by

Just a middle 30s ordinary woman who is easy smile-easy laugh, a writer, a wife, a mother, of a teenager boy, a family woman, a free-unthinkable mind who loves reading-dreaming-writing, laughing all day, multitasking one, sport-addicted, adventurous traveler, independent, a friendly best friend for those people who loves the same passion and humor, loves cooking, a great partner for movie date for her best friends, sometimes doing her consultant works, a lady who loves seeing things at her funny sight.

2 Comments to “This is How I spend My Christmas”

  1. Akok Sundfitris says:

    Merry Christmas Erica (even though Christmas has passed for quite awhile). Really like your blog, I enjoyed to read some of your post.

    • Erica Mascalova says:

      Terima kasih. Saya juga postingnya terlambat. Sering-sering datang dan meninggalkan jejak ya.. Biar semangat nih update blog nya. Hehehe

Leave a Reply

Message

Current day month ye@r *

x

Click dan Download App Android ERICA MASCALOVA dari Google Play Store