Smokers vs Non Smokers

Kemarin seseorang mengumpat kepada saya.
Begini ceritanya.

Kami datang lebih dulu dan memilih tempat duduk yang biasa kami tempati setiap kami berkunjung ke restoran itu.

Selang 15 menit, ketika pesanan kami sedang di proses datanglah ia dan temannya, mengambil meja persis di belakang saya..
Tanpa babibu, asap rokok mengepul dari tempatnya dan tentu mampir ke rambut saya, hidung saya, paru-paru saya dan tentu mampir kepada keluarga di sebelahnya yang membawa balita.

Ketika pesanan datang, saya memberi tahu pelayan untuk memindahkannya ke meja lain yang agak jauh.
Sepertinya orang itu mendengar, spontan mereka mengumpat :”NORAK LOE! Bagus deh, kenapa gak pindah sekalian ke neraka!”

Kalau mengikuti emosi, ingin sekali menoleh dan mengeluarkan kalimat menukik yg membuat ia merah padam, tapi yah mengerti sajalah.. mungkin mereka sudah terlalu lama hidup di gua atau di atas pohon dimana hanya ada monyet, tupai dan kelelawar yang jadi teman. Mungkin juga baru sekali itu dia keluar ke peradaban modern, gak ngerti kalau di restoran itu gak ada jendela atau ventilasi.

Saya tau ini bukan topik yang enak dibaca, lebih-lebih jika yang membaca adalah sahabat-sahabat saya yang telah memutuskan untuk menikah seumur hidup dengan rokoknya. Tapi, jangan lupa bahwa ada banyak orang di sekitar kita yang juga telah mengambil keputusan untuk menjaga paru-paru nya bebas dari asap rokok.

Hak anda untuk merokok. Uang ya uang anda, kesehatan ya kesehatan anda, so what?
Dan, hak orang orang, anak-anak, ibu-ibu hamil, baby, penderita sesak nafas/asma, orang tua, untuk mendapatkan udara segar bagi paru-paru mereka. So what juga ah..

Aman nya, lihat kanan kiri, punya empati, bahwa kita berbagi udara yang sama secara gratis pemberian Yang Maha Kuasa. Atau, bila memang ego anda tidak bisa ditekan, boleh gak kalau asap rokoknya ditelan sendiri saja?

Salam,
Ric Erica
Jakarta, 1 Desember 2013

Written by

Just a middle 30s ordinary woman who is easy smile-easy laugh, a writer, a wife, a mother, of a teenager boy, a family woman, a free-unthinkable mind who loves reading-dreaming-writing, laughing all day, multitasking one, sport-addicted, adventurous traveler, independent, a friendly best friend for those people who loves the same passion and humor, loves cooking, a great partner for movie date for her best friends, sometimes doing her consultant works, a lady who loves seeing things at her funny sight.

2 Comments to “Smokers vs Non Smokers”

  1. josep says:

    makasih nasihat nya,…..sy juga perokok tp ga gitu juga kali yah,……………………

Leave a Reply

Message

Current day month ye@r *

x

Click dan Download App Android ERICA MASCALOVA dari Google Play Store