Pemilik Rumah Makan yang Bawel

Eh saya mau cerita ah..

Di dekat rumah saya, ada sebuah rumah makan khas Semarang yang pemiliknya baweeeeeeeeelllllll betul. Awalnya sih, saya masih menganggapnya sebagai pemilik yang ramah, pemilik yang mau turun langsung mengurus usahanya. Tentu kebersihan lebih terjaga, kualitas makanan lebih terjamin dan seneng donk bila disapa / dilayani pemiliknya langsung, meskipun hanya rumah makan yang sederhana. Pemiliknya adalah laki-laki berumur 50an. Sepertinya tidak berkeluarga, karena saya tidak pernah melihat istri / anaknya di sana. Jejak-jejak foto-foto yang dipajang di rumah makan itu pun tidak menceritakan tentang itu.

Belakangan, kami sekeluarga jadi berfikir ulang kalau ingin berkunjung kesana. Karena keramahtamahan itu berujung pada suasana yang tidak nyaman. Tau gak kenapa?

Sepanjang berada disana hingga selesai bersantap, kami ditemani celotehan-celotehannya baik kepada pelanggan maupun kepada pelayannya. Sepertinya dia terbiasa ngobrol dengan keras sahut menyahut dengan pengunjung. Pesanan pelanggan dibacakan dengan keras langsung di hadapan pemesan (bukan dibawa ke dapur dan diserahkan kalem-kalem kepada tukang masaknya). Dan jangan coba-coba komplain .. misalnya kok kurang pedas? Mau garam donk.. Sekecil apapun kalimat complain yang diucapkan kepada pelayannya, ia pasti mendengar dan ujung-ujungnya pelayan itu akan diomelin tak habis-habis dengan kerasnya.

Acara makanpun berlangsung bungkam. Tidak ada ngobrol-ngobrol lagi. Tiba-tiba kami jadi malas bersenda gurau / bercakap-cakap di sela-sela waktu makan. Makananpun terasa jadi hambar. Acara makanpun jadi ingin cepat-cepat selesai agar cepat-cepat keluar dari rumah makan itu. Akhirnya, nama rumah makan itu kami coret, bukan karena makanannya tidak enak, tapi lebih karena suasananya yang tidak nyaman.

Jadi nih, buat yang mau buka usaha rumah makan dan berniat untuk turun langsung mengurusi usahanya, jangan bawel-bawel ya, kasihan telinga pelanggannya dan bisa merusak selera makan.. Hehe.

Ric Erica
Jakarta, 29 November 2013

Written by

Just a middle 30s ordinary woman who is easy smile-easy laugh, a writer, a wife, a mother, of a teenager boy, a family woman, a free-unthinkable mind who loves reading-dreaming-writing, laughing all day, multitasking one, sport-addicted, adventurous traveler, independent, a friendly best friend for those people who loves the same passion and humor, loves cooking, a great partner for movie date for her best friends, sometimes doing her consultant works, a lady who loves seeing things at her funny sight.

No Comments Yet.

Leave a Reply

Message

Current day month ye@r *

x

Click dan Download App Android ERICA MASCALOVA dari Google Play Store