Catatan Hati : SMA Xaverius 1 BANGAU 1993

Kau bercanda lucunya..
yang lain pun tertawa..
seakan saja cerita dan canda kita..
tiada habisnya…

November 2, 2007 jam 08.30 AM

Hari ini adalah hari besarku. Setelah tidur hanya beberapa jam karena semalam aku menghadiri meeting yang sangat penting sampai larut malam, itupun waktu tidurku masih sangat kurang karena terlalu excitingnya aku menyambut hari ini.

Hari ini adalah hari pentingku. Jum’at, 2 November 2007, yang telah dipilih teman-teman masa remajaku untuk berkumpul, mengenang cerita yang terajut selama 3 tahun di sekolah yang sama di tahun yang sama.

Entahlah siapa yang telah berbaik hati mengadakan acara reuni ini, tetapi, aku sangat berterima kasih kepada teman-temanku yang mau meluangkan waktu dan fikirannya untuk mengumpulkan kami lagi, di satu tempat di WTC Sudirman Jakarta Selatan.

Dua hari sebelum hari ini, aku dan beberapa teman yang lain sibuk membicarakan hari ini. Akan seperti apa pertemuan kita nanti, tanpa kusadari, hari ini, merekatkan kembali persahabatan yang sempat hilang, namun tetap terukir indah di sudut hati kita.

Dan pagi ini, aku bangun dengan perasaan yang tidak pernah aku alami sebelumnya.. Secara ini adalah pertemuan pertamaku dengan teman-teman Bangau 1993, secara sudah 14 tahun kami sudah tidak pernah bertemu dan tidak mengetahui kabar masing-masing.
Kusiapkan camera dan agenda kecil untuk mencatat data-data mereka.

Hari ini sangat penting, bahkan lebih penting daripada mempertemukan klienku di notaries untuk tanda tangan di depan notaris. Hahahha. Mungkin lebih penting daripada pertemuan yang semalam aku hadiri, bela-belain diomelin suami karena sampai jam 11 aku masih duduk manis dalam ruangan meeting, karena tidak bisa kutinggalkan begitu saja.

Orang bilang, masa-masa SMA adalah masa-masa paling indah. Dulu aku naïf bilang “ah yang bener aja”? Secara, dulu tugas-tugas banyak banget, tiap senin upacara, tiap Jum’at pulang skul harus iku Misa / Pendalaman Agama (sekolah kami adalah sekolah Katolik). Belum lagi Sabtu harus masuk karena kegiatan ekstra kurikuler, kapan pacarannya??? Hahaha.. Ditambah waktu awal-awal masuk SMA, harus mengikuti orientasi pengenalan siswa baru yang merupakan mimpi buruk buat siswa/i baru tetapi seperti surga bagi senior-senior kami.

Yang perempuan harus mengikat rambutnya senorak mungkin, yang laki-laki aku lupa, tapi parah juga.. Masuk pagi jam 07.00 pulang bisa sore hari (ngalah-ngalahin orang kantor zaman dulu). Ditambah latihan baris berbaris yang kalau kita telat semenitpun, hukumannya adalah lari keliling lapangan bola yang gedeee banget di belakang sekolah kita. Dikerubutin senior, dikerjain, dibentak-bentak adalah breakfast, snack dan lunch buat kami. Serunya dimana?

Tapi, setelah 14 tahun berlalu, aku mulai memikirkan nya. ‘SMA adalah masa-masa paling indah’. Kenangan ku kembali pada masa-masa itu. Dan aku bahagia menjadi bagian dari masa-masa itu.

Masa SMA, persahabatan kita benar-benar alami. Tidak perduli berprestasi atau tidak, Populer atau tidak, ke sekolah naik apa. Itu tidaklah penting. Tidak ada conflict of interest seperti kita memasuki masa kuliah dan kerja (dimana kalo kuliah mulai nenteng-nenteng barang dagangan, mulai take-take bangku, mulai sibuk dg pacar-pacar gres dan mulai sibuk keluar masuk mall.)

Masa SMA, persahabatan kita benar-benar murni. Atribut yang kita kenakan adalah hanya Warga SMA Xaverius 1 Angkatan 1993, masuk jam 07.00 pulang jam 12.00, hari senin – kamis pakai baju Putih abu-abu, hari jumat hore… pake baju putih hijau kebanggaan sekolah kita.

Persahabatan SMA kita benar-benar mengalir seperti air. Semua kenal satu sama lain. Semua bersosialiasi. Tidak perduli warna kulit hitam, putih, atau tengah-tengah.. Mau rambut keriting, atau lurus (rebonding belum ada).Guru-guru kita yang galak, kaku sampai yang lucu.. turut memberi warna perjalanan kita di SMA.

Setelah 14 tahun tidak berjumpa, akankah pertemuan ini membawa kesan yang mendalam untuk setiap pesertanya? Aku berharap begitu. Karena sama seperti teman-teman yang lain. Aku terlalu lama memimpikan hal ini. Sekiranya, pertemuan ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan dan awal dari solidnya komunitas ini.

Ric Erica
Untuk teman-teman remajaku, I miss you all..

——————————————————————————————————————

Nostalgia SMA bag 2

2 November 2007 Jam 11.45

Sampailah aku di tempat yang sudah disiapkan utk reuni kami. Suasana ramai dg gelak canda tawa teman-teman yang melepas rindu. Satu persatu kuamati teman remajaku. Walau terpisahkan waktu dan tempat, persamaan tetap ada. Memiliki kerinduan yang sama, memiliki kebanggaan yang sama akan masa-masa SMA kami..

Waktu 4 jam terasa begitu singkat. Pembicaraan mengalir hangat, diselingi tawa canda, dan kilat kilat lampu kamera menyempurnakannya. Mengabadikan kebersamaan kami.

Wajah wajah mereka cerah, binar-binar mata mereka seakan berkata, ya kami ingin bersama lebih lama lagi..

Mereka tidak banyak berubah. Masih seperti 14 tahun lalu. Tawa mereka, senyum mereka, cara mereka bercerita, cara mereka berbicara.. Aku sungguh menikmati setiap detik pertemuan itu. Aku yakin, akan ada lebih banyak lagi pertemuan-pertemuan seperti ini untuk komunitas ini, komunitas Bangau 1993.

Kami pulang dengan senyum menghias wajah kami. Sahabat-sahabatku, Bahagia hari ini kita bisa melaluinya dengan kebersamaan yang manis.

Ric Erica

Written by

Just a middle 30s ordinary woman who is easy smile-easy laugh, a writer, a wife, a mother, of a teenager boy, a family woman, a free-unthinkable mind who loves reading-dreaming-writing, laughing all day, multitasking one, sport-addicted, adventurous traveler, independent, a friendly best friend for those people who loves the same passion and humor, loves cooking, a great partner for movie date for her best friends, sometimes doing her consultant works, a lady who loves seeing things at her funny sight.

No Comments Yet.

Leave a Reply

Message

Current day month ye@r *

x

Click dan Download App Android ERICA MASCALOVA dari Google Play Store